Tuesday, 5 October 2010

Mengenal Beberapa Istilah Dalam Ilmu Falak


Altitude : Altitude atau Irtifa' adalah jarak sudut benda angkasa di atas atau di bawah cakrawala, diukur sepanjang lingkaran besar yang melewati tubuh dan zenit. Ketinggian adalah 90 ° minus jarak zenit.

Astronomical Unit (a.u.) : Satuan panjang yang sama dengan rata-rata efektif, atau jarak rata-rata antara Bumi dan Matahari. Yang memiliki nilai 149,597,870.7 km (92,955,807.3 miles).

Azimuth : Azimuth atau As-Samtu adalah Jarak sudut yang diukur searah jarum jam di sepanjang cakrawala (horizon) dari titik acuan tertentu (biasanya titik utara sejati) ke arah timur sampai pada persimpangan lingkaran besar diambil dari titik zenit melalui tubuh pada bola langit.

Conjunction : Conjunction atau Ijtima' disebut juga Iqtiran adalah suatu fenomena dimana terdapat dua buah benda langit yang mempunyai bujur langit yang sama.

Culmination : Titik tertinggi yang dicapai suatu benda langit dalam peredaran (semunya) mengelilingi bumi

Declination : Declination atau Al-Mayl adalah sudut jarak pada bola langit utara atau selatan dari khatulistiwa langit (ekuator). Hal ini diukur sepanjang lingkaran jam melalui objek langit. Deklinasi biasanya diberikan dalam kombinasi dengan right ascension atau hour angle.

Delta T (D T) : Selisih antara Dynamical Time dengan Universal Time, khususnya selisih antara Terrestrial Dynamical Time (TDT) dan UT1: D T = TDT-UT1.

Dynamical time : Bagian dari keluarga skala waktu yang diperkenalkan pada tahun 1984 untuk menggantikan waktu ephemeris sebagai argumen independen dari teori dinamik dan ephemerides.

Eclipse : Fenomena astronomi yang terjadi apabila sebuah benda angkasa bergerak ke dalam bayangan sebuah benda angkasa yang lainnya.

Right Ascension : Right Ascension atau Asensio Rekta dalam astronomi islam disebut jugaMathali'ul Baladiyah atau Shu'udul Mustaqim yaitu jarak sudut pada bola langit yang diukur dari titik musim semi atau titik aries (vernal Aquinox) kearah timur sampai titik perpotongan antara lingkaran ekuator dengan deklinasi yang melalui benda langit. RA diukur dalam jam, menit dan detik dengan satu jam sama dengan 15 derajat.
 

Copyright 2010-2011 All Rights Reserved | Mumpung Padhang Rembulane Designed by Bloggers Template | CSS done by Link Building